Kandungan Pewarna Rambut Yang Berbahaya

 

Mewarnai rambut dewasa ini menjadi sebauh trend di kalangan anak-anak muda. Banyak yang pada akhirnya mewarnai rambutnya dengan warna-warna cerah seperti merah, putih, ungu, biru, hijau, bahkan saking kreatifnya, ada pula sebagian dari mereka yang mengombre warna rambut. Tapi pernahkah anda memahami apa saja ciri-ciri dari pewarna rambut yang berbahaya? Tentu terkadang banyak yang melupakan fakta ini demi mendapatkan hasil yang bagus untuk penampilan mereka. Padahal tanpa di sadari, bahaya dari mengecat rambut. Justru muncul melalui kandungan zat yang berada di dalam pewarna rambut. Apa saja kandungan berbahaya yang ada di dalam cat rambut?

  1. Adanya hidrogen peroksida

Istilah hidrogen perosida termasuk dalam kategori kandungan cat yang harus anda waspadai. Pasalnya jika anda menggunakan pewarna rambut yang memiliki kandungan hidrogen peroksida, anda akan membuat rambut anda lebih mengembang dan juga mengeras dibandingkan dengan biasanya.

  1. Parahenylenediamine (PPD)
READ  Berikut ini beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko ginekomastia terjadi

PPD atau paraphenylenediamine merupakan salah satu kandungan cat rambut yang berbahaya juga. Saking bahayanya, terkadang akan membuat si penggunanya mengalami reaksi alergi ataupun reaksi masalah kulit. Bahaya lain yang akan anda dapatkan ketika anda menggunakan PPD untuk mewarnai rambut anda adalah sensasi terbakar pada area kulit yang terkena produk tersebut. Jadi apakah anda masih ingin mewarnai rambut anda dengan produk yang bermasalah?

  1. DMDM Hydantoin

DMDM Hydantoin ini merupakan salah satu bahan pengawet yang ada pada produk-produk pewarna rambut. Bahayanya, jika anda menggunakan pewarna rambut dengan bahan hyfantoin adalah rusaknya sistem kekebalan tubuh. Sehingga bahaya utama dari penggunaan komposisi ini adalah kanker dan kematian.

  1. Penggunaan resorsinol

Pewarna rambut yang berbahaya biasanya mengandung resorsinol di dalamnya. Resolsinol sendiri memiliki efek samping yang cukup menkhawatirkan penggunannya. Karena dia akan membuat si pengguna mengalami reaksi alergi seperti halnya hidrogen peroksida.

  1. Adanya amonia
READ  Tips Menjaga Kesehatan Rambut agar Tetap Kuat dan Berkilau

Untuk jenis kandungan yang satu ini tentu anda sudah tidak asing lagi. Apalagi jika anda sering mendengar istilah kimia. Maka anda pasti sudah mengenal apa itu amonia. Amonia merupakan salah satu kandungan yang bisa menyebabkan masalah besar pada kulit dan juga sistem pernafasan pemakainya. Karena amonia sendiri sering dianggap sebagai racun untuk penggunanya. Maka banyak sekali produsen yang mengganti komposisi amonia menjadi ethanolamine yang lebih ramah pengguna.

  1. Penggunaan Coal tar

Jangan bayangkan coal tar merupakan salah satu jenis kue tar yang bisa anda makan. Karena sesungguhnya coal tar merupakan salah satu kandungan atau zat kimia yang bisa mengakibatkan kanker pada manusia dan juga pada hewan.

  1. Penggunaan lead acetate
READ  Ketahui penyakit ginekomastia berikut ini

Sama halnya dengan komposisi-kompoisi yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahwa cat rambut yang memiliki kandungan lead acetate pada dasarnya bisa memicu kanker. Dan lead acetate merupakan salah satu kandungan yang memiliki peran besar untuk kesehatan si penggunanya.

Lalu sebenarnya apa saja akibat dari pewarnaan rambut yang di lakukan dengan tidak baik? Bisa saja kepala akan mengalami iritasi pada kulit. Jadi pewarna rambut yang berbahaya tentu saja harus di hindari. Karena jika tidak, anda bisa mendapatkan iritasi yang terkadang muncul pada wajah dan leher, kulit kepala, dan kulit lainnya. Biasanya gejala awal, mereka akan mulai merasa gatal dan juga perih. Bahkan harus anda ketahui pewarna rambut yang berbahaya bisa menyebabkan mata memerah jika produknya masuk ke bagian mata.

 

Sumber :

www.lifestyle.okezone.com

www.halodoc.com