Kenali Bahan Alami Ini untuk Perawatan Rambut Rusak

 

Rambut menjadi asset yang berharga bagi para wanita. Ibarat mahkota yang harus senantiasa dijaga. Harus selalu nampak cantik dan indah. Makanya jika sudah mengalami yang namanya rambut rusak pasti bikin stress sendiri. Berbagai masalah rambut rusak mulai dari rontok, bercabang, kering dan masalah-masalah lain seolah jadi ketakutan tersendiri bagi kaum wanita. Bahkan tak jarang sampai rela menghabikan uang jutaan demi merawat rambut yang cantic dan sehat. Namun kini merawat rambut tidak harus menghabiskan banyak waktu dan uang di salon. Anda bisa mencoba bahan alami untuk tetap menjaga rambut anda dari masalah rambut rusak. Bahan apa saja yang cocok untuk perawatan rambut rusak? Yuk simak artikel berikut!

Minyak Zaitun

Minyak zaitun biasanya dikenal sebagai bahan masak atau untuk body spa. Namun ternyata minyak zaitun juga merupakan bahan alami untuk merawat rambut rusak. Dilansir dari Honestdocs, minyak zaitun punya kandungan vitamin E, vitamin K, dan asam lemak. Kandungan vitamin E nya terbukti bagus untuk kesehatan rambut. Selain itu minyak zaitun juga berfungsi melembapkan. Sehingga masalah rambut kering, bercabang, atau rusak karena terlalu sering mencat rambut bisa teratasi dengan minyak zaitun. Cukup olesi beberapa tetes di telapak tangan kemudian usap ke rambut anda.

READ  Ketahui penyakit ginekomastia berikut ini

Lidah Buaya

Sepertinya ini bahan alami yang paling banyak orang tahu untuk merawat rambut rusak. menurut Diane Gage, penulis buku Aloe Vera Nature’s Soothing Healer, lidah buaya punya kandungan mirip dengan keratin. Ketika diaplikasikan membuat rambut kembali awet muda dan membuat rambut lebih elastis dan tidak mudah patah. Lidah buaya juga dapat melembutkan rambut. Jika anda menggunakannya sebagai kondisioner atau masker secara teratur dapat membantu mengembalikan kilau rambut anda.

Buah Bit

Buah bit punya banyak nutrisi seperti fosfor, kalium, kalsium, vitamin B kompleks dan vitamin C. kandungan dalam buah bit ini penting untuk pertumbuhan rambut. Anda dapat meminum jus bit setiap hari untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Bisa juga dengan mengoleskan pasta kental bit ke kulit kepala dan biarkan selama 30-45 menit. Kemudian bilas dengan air. Terus ikuti tips ini minimal dua kali dalam seminggu untuk merawat rambut anda.

READ  Tips 10 Sehat Yang Patut Di Coba Nomor 3 Cara Menurunkan Berat Badan

Ritha dan Sikakai

Ritha yang lebih dikenal sebagai kacang sabun punya kelebihan membersihkan kulit kepala dan juga membantu menghilangkan infeksi pada kulit kepala. Anda dapat menggunakan Ritha dan Shikakai bersama-sama untuk mengontrol rambut rontok dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Kedua bahan tersebut cocok sekali sebagai pembersih rambut. Cara menggunakan bahan alami ini untuk merawat rambut rusak cukup rendam takaran ritha dan sikakai sama banyaknya. Kemudian diamkan semalaman dan oleskan pada kulit kepala, biarkan selama 1 jam. Bilas dengan air biasa. Gunakan solusi ini 2-3 kali dalam seminggu untuk pertumbuhan rambut yang lebih baik dan memberikan kilau pada rambut Anda.

 

READ  Berikut ini gejala ginekomastia yang dapat kamu ketahui

Fenugreek

Fenugreek kaya akan anteseden yang membantu pertumbuhan dan meningkatkan folikel rambut. Biji ini juga kaya protein yang memperkuat rambut. Bagaimana mengolah fenugreek untuk perawatan rambut ini? Rendam 1 sendok makan biji fenugreek dalam semalam, giling di pagi berikutnya untuk dibuat menjadi pasta yang halus. Kemudian oleskan pastanya pada kulit kepala Anda, biarkan selama 30-45 menit atau Anda bisa menutupinya dengan shower cover. Bilas dengan banyak air.

Menggunakan bahan alami untuk mengatasi rambut rusak tentu lebih aman dan low budget. Bahan yang digunakan pun relatif mudah didapat. Hanya saja memang butuh ketelatenan yang extra jika ingin mencoba tips-tips di atas. Jadi tunggu apalagi? Silahkan anda coba untuk dapatkan rambut yang sehat.

 

Sumber gambar: pixabay.com

Sumber referensi: ezinearticles.com