Mengenal Informasi Seputar Keputihan Berwarna Coklat

(Leucorrhoea) adalah kondisi medis di mana wanita mengalami keputihan tebal atau kekuningan warna dari vagina yang terutama dialami selama masa pubertas, ketika organ seksual berkembang pada seorang wanita. Ini adalah keluhan ginekologis yang sering dari wanita yang menyumbang lebih dari 25% pasien ginekologi mengunjungi ke dokter kandungan.

Ini umumnya didefinisikan sebagai cairan putih yang dikeluarkan dari alat kelamin wanita. Terkadang mengalir seperti cairan dan terkadang lengket dan tebal. Properti berubah sesuai dengan usia wanita atau ketika mereka bepergian terlalu banyak. Pelepasan vagina sampai batas tertentu adalah normal dan sehat karena mereka mengeluarkan sel-sel mati dari organ reproduksi dan organisme beracun lainnya. Pada wanita sehat, keputihan berwarna keputihan. Keputihan abnormal bisa berwarna keputihan, kekuningan, kemerahan dan berwarna kehitaman. Jika tebal, lengket, putih dan radang, diperlukan pemeriksaan medis. Dengan gejala yang dapat dilihat dan keluar secara tidak normal, jika ada pelepasan yang banyak dan tidak dapat dihentikan yang membutuhkan pembalut atau tidak berwarna putih tetapi abu-abu putih, kuning, hijau, coklat atau berwarna seperti karat dan menyebabkan gatal, itu adalah kondisi kritis yang memerlukan perawatan serius. pengobatan.

Setiap wanita secara berkala memiliki beberapa keputihan normal, yang menjaga keseimbangan kimia dan fleksibilitas otot vagina, berfungsi sebagai sistem pertahanan normal untuk vagina. Jika pelepasan seperti itu melebihi normal dan menjadi cairan putih atau kuning tebal dengan bau busuk, itu disebut “Keputihan” yang mungkin merupakan tanda infeksi, kanker atau mungkin karena beberapa alasan lain. Keputihan abnormal ini bisa berwarna keputihan, kekuningan, kemerahan dan berwarna kehitaman

Dalam bahasa Sanskerta itu disebut shuwetapradra, kombinasi dari dua kata. Shuweta berarti putih dan pradra berarti pelepasan. Keputihan ini sering disebabkan oleh peradangan atau infeksi di dalam vagina atau leher rahim.

READ  Tips 10 Sehat Yang Patut Di Coba Nomor 3 Cara Menurunkan Berat Badan

Penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan hormon terutama estrogen. Ini adalah hormon seks wanita primer yang bertanggung jawab untuk pengaturan dan pengembangan sistem reproduksi wanita dan karakteristik seks sekunder. Ia juga mengontrol berbagai fungsi tubuh wanita. Kadang-kadang ketidakseimbangan estrogen dalam tubuh wanita dapat menyebabkan kemandulan. Keputihan tidak menimbulkan masalah dalam konsepsi tetapi penyebabnya memang demikian. Anda perlu berkonsultasi dengan ahli Kedokteran Unani mana pun karena perawatan lengkapnya ditawarkan dalam sistem Unani.

Seperti halnya Allama Najeebuddin Samarqandi (seorang sarjana Unani yang terkenal), cairan ini dikeluarkan di dalam rahim karena kemampuan nutrisi yang buruk dan lemah (Quwwat-e-Ghadhiya). Cairan yang terkumpul adalah bahan limbah yang turun ke rahim dan dikeluarkan. Tubuh mengusir dan mendorong kembali cairan ke rahim.

Faktor penyebab lain dari penyakit ini adalah:

  • Infeksi dari bakteri, jamur atau parasit – protozoa.
  • Kehamilan dini / muda
  • Penyebaran infeksi dari saluran kemih
  • Peradangan rahim
  • Cedera pada vagina, rahim atau leher rahim
  • Alergi atau dermatitis kontak
  • Penyakit radang panggul
  • Kontrasepsi digunakan oleh wanita
  • Kurangnya kebersihan atau tindakan higienis yang buruk terutama selama menstruasi.
  • Gonorea
  • Encok
  • Sipilis
  • Perpindahan rahim
  • Radang sendi
  • Penyakit tipus
  • Diabetes dan anemia dapat memicu infeksi karena imunitas yang melemah
  • Kecemasan mental atau frustrasi seksual

Infeksi melalui jamur: Setiap jamur seperti ragi menginfeksi organ reproduksi dan menyebabkan keputihan. Jika karena jamur, keputihan akan menjadi putih pekat dengan gatal di vagina. Jenis keputihan ini disebut jamur vagina.

Beberapa penyakit menular seksual menyebabkan keputihan. Salah satunya adalah Trichomoniasis yang membuat cairan berwarna hijau atau kuning. Toilet yang kotor juga menyebabkan keputihan. Penggunaan umum alat-alat yang berkaitan dengan toilet dan khususnya toilet umum menginfeksi organ seksual perempuan dan akhirnya menyebabkan Leucorrhoea. Penyakit ini terlihat pada wanita yang terlalu banyak menggunakan obat untuk organ seksual.

READ  Ketahui penyakit ginekomastia berikut ini

Masalah terkait dengan bagian sempit terakhir rahim: lecet atau bengkak di kepala rahim juga menyebabkan keputihan. Dalam hal ini keputihan lebih banyak daripada selama hubungan seksual. Berwarna abu-abu dan terlihat seperti darah yang terkoagulasi. Peradangan pada perut bagian bawah: Infeksi pada perut bagian bawah yang mengandung organ reproduksi dan seksual dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan Leucorrhoea.

Berbagai penyakit: wanita yang menderita berbagai penyakit seperti TBC dan anemia mendapatkan peningkatan mereka ke tingkat yang lebih besar. Masalahnya adalah pada wanita yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau melakukan diet yang kurang memiliki kandungan nutrisi. Stres atau depresi: pada tingkat tertentu ada faktor psikologis yang menyebabkan penyakit. Wanita yang terlalu banyak tertekan atau tertekan dapat menderita penyakit ini. Kadang-kadang datang ke klinik terlalu ketakutan ketika mereka mengatakan bahwa tulang mereka membusuk.

Mengenal Beragam Keputihan : Merah Muda, Merah, dan Coklat

Keputihan berwarna merah muda, merah, dan coklat adalah normal selama menstruasi Anda – tetapi sebaliknya, itu mungkin bukan berita baik, karena semuanya adalah tanda-tanda perdarahan.

“Jika ini tepat sebelum menstruasi atau setelah Anda, maka itu mungkin sangat normal,” kata Dr. Landa. “Ini tidak biasa memiliki sedikit bercak pada ovulasi di tengah siklus Anda, juga, karena kadar estrogen dan progesteron jatuh untuk memicu pelepasan sel telur. Penurunan hormon saat ovulasi ini mirip dengan apa yang terjadi sebelum Anda mengalami menstruasi, sehingga pendarahan yang sangat ringan bisa terjadi – dan terkadang pendarahan ringan tampak seperti keputihan. Anda juga dapat mengalami bercak ketika Anda melewatkan pil KB, atau jika Anda baru memulai atau mengganti metode kontrasepsi saat tubuh Anda dalam masa transisi.

READ  Tips Menjaga Kesehatan Rambut agar Tetap Kuat dan Berkilau

Namun, jika Anda mengalami pendarahan secara acak, itu bisa menandakan bahwa ada sesuatu yang salah. Jika Anda memiliki keputihan berwarna merah muda, merah, atau coklat kapan saja selain menstruasi Anda, yang terbaik adalah mengobrol dengan ob-gyn Anda, kata Dr. Landa. “Keputihan merah muda juga bisa menjadi pertanda perdarahan abnormal, seperti pendarahan dari leher rahim atau pendarahan karena infeksi,” kata Dr. Landa. Untuk satu, “perdarahan dari leher rahim dapat disebabkan oleh polip serviks (pertumbuhan jinak pada leher rahim yang rentan terhadap perdarahan). Anda mungkin terutama memperhatikan ini setelah berhubungan seks,” katanya. Meskipun tidak berbahaya, polip dapat dihilangkan jika terus menimbulkan gejala.

Alasan lain untuk pendarahan yang tidak teratur adalah infeksi HPV (human papillomavirus) yang menular melalui hubungan seksual yang berpotensi untuk berubah menjadi kanker serviks jika tidak ditangani. “Banyak wanita dapat terinfeksi HPV dan tidak mengalami gejala apa pun,” kata Landa, dan mayoritas wanita akan melawan virus, berkat sistem kekebalan mereka yang kuat, dan tidak memiliki gejala kronis yang berulang, katanya. Namun, dalam kasus yang muncul gejala berulang (termasuk perdarahan tidak teratur), itu bisa menandakan masalah.

 

Sumber Referensi :

www.nhp.gov.in

www.shape.com

 

sumber gambar:

hellosehat.com